FAQ – Tanya Jawab

Berikut beberapa hal yang sering ditanyakan oleh siswa di Indonesia:

Persyaratan TOEIC di APG Filipina adalah 550, bagaimana kalau skor saya kurang dari 550?

Jika skor TOEIC kamu kurang dari 550, maka kamu diwajibkan untuk mengambil kelas bahasa inggris sewaktu mengikuti pelatihan di Filipina. Biaya kelas bahasa inggris ini tidak termasuk di dalam biaya pelatihan, dan pelajar harus menambah sebesar USD 400.

Saya sudah pernah tes medikal kelas dua penerbang sebelumnya dan juga sudah memiliki sertifikat TOEIC, apakah saya harus mengulang tes tersebut lagi?

Jika anda sudah memiliki medikal kelas dua penerbang ataupun sertifikat TOEIC, anda tidak perlu lagi untuk melakukan kedua tes tersebut. Cukup melampirkan sertifikat tersebut pada saat pendaftaran. Ini akan lebih mempercepat proses pendaftaran anda jika sudah memiliki sertifikat tersebut.

Apakah setelah lulus saya bisa langsung melamar pekerjaan di maskapai penerbangan Indonesia?

Jika kamu ingin bekerja di Indonesia lisensi dari APG IAA Inc Phil harus dilakukan endorsement terlebih dahulu, mengenai endorsement (penyetaraan lisensi) bisa dilihat penjelasannya di artikel DISINI

Apakah APG IAA Inc Phil akan menjamin pekerjaan untuk para kadet yang sudah lulus?

Kami tidak memberikan jaminan pekerjaan bagi para pelajar dan kami juga tidak ada kerjasama langsung dengan airlines, tapi kami akan membantu memberikan informasi lowongan kerja di maskapai penerbangan, karena kami membebaskan para siswa kami untuk melamar di maskapai yang mereka inginkan, kebetulan kami juga ada beberapa alumni yang sudah bekerja di Garuda, Lion Air, Citilink sehingga kami yakin lulusan kami bisa bersaing dengan yang lain.

Apakah kalau mata saya minus dan tinggi saya kurang dari 160 cm masih bisa menjadi pilot?

Selama anda dapat melihat 20/20 dengan kacamata atau soft lens tidak akan menjadi masalah. Dan biasanya dalam persyaratan melamar ke dalam maskapai penerbang jarang disebutkan mengenai persyaratan tinggi badan dan juga mengenai mata minus.

Jika umur saya sudah 35 tahun, apakah masih bisa menjadi pilot?

Tentu saja anda masih bisa menjadi pilot. Kami bisa berikan contoh, di Indonesia untuk menjadi Captain di maskapai biasanya butuh 5-8 tahun setelah anda menjadi co-pilot di maskapai tersebut. Anda akan menjadi Captain di usia 43 tahun dan anda masih ada sekitar 12-17 tahun untuk berkarir menjadi captain.

Setelah saya lulus dari APG, bagaimana dengan proses endorsement saya?

APG IAA Inc Phil akan membantu anda dalam proses endorsement. Kami sudah memiliki kerjasama dengan salah satu sekolah pilot di Indonesia untuk program ini. Jadi setelah lulus, pelajar akan langsung kami daftarkan untuk endorsement. Biaya endorsement tidak termasuk dalam paket pelatihan yang kami tawarkan.

Apakah APG International Aviation Academy sama dengan APG Flying School

Tidak, APG International Aviation Academy sangatlah berbeda dengan APG Flying School. APG Flying School adalah sebuah nama yang dibuat oleh pihak Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan mereka hanya mengirimkan pelajar ke sekolah kami untuk dilatih menjadi kadet pilot. Berita-berita miring yang terjadi di Indonesia bukanlah mengenai APG International Aviation Academy, namun lebih ke APG Flying School.